Wednesday, April 15, 2020

Tips Mengasuh Anak Selama Karantina Covid-19


Selama musim pandemi, pemerintah mengimbau anak-anak sekolah untuk belajar di rumah. Sementara itu, walaupun disibukkan oleh tugas dari kantor, orang tua juga ingin anak-anak tetap aktif dan sibuk. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu orang tua untuk mewujudkan hal tersebut:

1. Buatlah Jadwal yang Harus Dilakukan Anak di Hari Sekolah

Nabi Muhammad ﷺ berkata, “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Alquran dan mengajarkannya.”

– Sahih Bukhari

Buatlah pengaturan berdasarkan mata pelajaran dan selingan waktu istirahat/bermain bagi anak. Ini akan membantu anak agar tetap disiplin dan membuat masa transisi ketika kembali ke sekolah nanti menjadi lebih mudah. Selain itu dengan adanya seluruh anggota keluarga di rumah, biasakan juga beristirahat untuk berdoa sejenak bersama semuanya. Ini juga akan menanamkan kebiasaan berdoa pada anak.

2. Berbagi Informasi dengan Anak 


Persiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan anak terkait Covid-19. Anda bisa menggunakan gambar atau memberikan penjelasan ringan sesuai usia mereka.

3. Sediakan Area bagi Anak untuk Beraktivitas Seharian

Sediakan area agar anak-anak bisa bermain dan berkegiatan kreatif, misalnya berolahraga atau beraktivitas seputar seni. Jika memungkinkan, pisahkan area bermain dan belajar sehingga secara mental mereka bisa membedakan antara waktu belajar dan bermain. Ini akan membuat mereka tidak cepat merasa bosan, tidak tertarik, dan rewel saat beraktivitas seharian di rumah.

4. Lakukan Kegiatan Bersama-sama Sebagai Keluarga 


Nabi Muhammad ﷺ berkata, “Hormatilah anak-anak kalian dan perbaikilah adab-adab mereka.”

– Ibnu Majah

Eratkan ikatan hubungan keluarga dengan aktivitas interaktif dan obrolan-obrolan seperti games dan cerita audio. Anda juga bisa mengajak anak mengobrol seputar Islam, misalnya dengan membacakan mereka kisah para nabi dan mengajarkan cara beribadah.

5. Batasi Waktu Penggunaan Perangkat Elektronik.

Semoga Allah melancarkan segala urusan kita dan menjag a keselamatan keluarga serta orang-orang tersayang di masa pandemi ini.

Sc:Muslim.pro

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html