Monday, June 15, 2020

Membaca Al Qur’an Dapat Membuatmu Tenang


***

Ketika kamu sedang merasa gelisah, sedih, bingung, atau galau, pasti kamu akan mecari cara untuk menghilangkannya. Beberapa memilih tidur, bercerita dengan orang lain, atau melakukan hal-hal yang membuatnya senang sehingga lupa dengan kesedihannya.

Kecemasan memang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan karena merupakan salah satu sinyal maupun proses bahwa kamu mengalaminya secara nyata dan kamu memikirkannya, maka dari itu kamu merasa cemas. Hal yang wajar dan bagaimanapun caranya kamu harus mampu melawan kecemasan dan kesedihan untuk segera bangkit.

Namun tahukah kamu bahwa dari sekian banyak cara untuk menghilangkan kecemasan dan menciptakan ketenangan, membaca Al Qur’an merupakan cara yang paling mujarab bagi banyak orang. Mungkin kamu tidak menyadarinya atau hanya menganggap bahwa membaca Al Qur’an hanya bagian dari ibadah saja. Padahal, membaca Al Qur’an bisa diaplikasikan untuk membuat hatimu tenang dan damai.

Buat kamu yang masih belum yakin jika membaca Al Qur’an atau mengaji dapat membuatmu tenang maka, kamu perlu tahu alasannya. Kali ini akan membahas 4 alasan mengapa membaca Al Qur’an dapat membuatmu tenang. Simak semua alasannya berikut ini.

 

Membaca Firman Allah SWT

Alasan pertama mengapa ketika membaca Al Qur’an dapat membuatmu tenang adalah karena pada saat yang bersamaan, kamu sedang membaca firman-firman Allah SWT. Saat kamu sadar bahwa kamu sedang membaca firman Allah SWT, kamu juga akan merasa bahwa Allah SWT begitu dekat denganmu dan hal tersebut berhasil membuatmu tenang.

 

Tidak ada kekuatan yang lebih besar daripada kekuatan Allah SWT dalam menyelesaikan setiap permasalahan manusia. Maka dari itu, tidak heran ketika kamu sedang membaca atau mengaji, hatimu akan terasa tenang dan tentram. Itu semua karena kamu tahu bahwa Allah SWT tidak akan pernah meninggalkan hamba-Nya yang juga ingat kepadanya.

 

Menebalkan Keimanan

Kedua, alasan mengapa membaca Al Qur’an atau mengaji dapat membuatmu tenang karena pada saat kamu mengaji, secara tidak sadar, kamu juga sedang menebalkan keimananmu terhadap Allah SWT. Apalagi jika motivasi kamu mengaji karena ingin mendapatkan petunjuk maka, sedari awal kamu memiliki keimanan terhadap kebesaran Allah SWT.

 

Semakin kuat keimanan seseorang maka, semakin mudah juga ia merasa tenang saat membaca ayat-ayat suci Al Qur’an. Kamu percaya bahwa tidak ada yang lebih menenangkan daripada melantunkan ayat Al Qur’an yang berisi firman-firman Allah SWT menyerukan jalan kebenaran kepada manusia.

 

Mendapatkan Solusi Secara Tidak Langsung

Ketiga, alasan mengapa membaca Al Qur’an dapat membuatmu tenang adalah karena pada saat membacanya, justru kamu bisa menemukan solusi secara tidak langsung. Hal ini dapat terjadi tatkala kamu mengaji sembari mengkaji arti dan makna dari ayat yang kamu baca misalnya.

 

Melalui pengkajian tersebut, terselip suatu nasihat atau kisah dari para nabi yang dikisahkan dalam Al Qur’an bagaimana cara mereka menghadapi suatu ujian dari Allah SWT. Maka secara tidak langsung hal tersebut dapat mempengaruhimu dan kamu bisa termotivasi untuk menemukan solusi bagi permasalahanmu.

 

Didalam ayat suci Al Qur’an terdapat banyak anjuran, perintah, dan kisah yang dapat kamu teladani dan kamu contoh saat kamu sedang menghadapi masalah. Tentunya hal ini bisa menenangkanmu karena kamu tahu apa yang sebaiknya kamu lakukan agar masalahmu cepat selesai sesuai dengan solusi dan nasihat yang kamu dapatkan dari ayat suci Al Qur’an.

 

Menyadari Bahwa Dunia Memang Tempat Berkeluh Kesah

Terakhir, alasan mengapa membaca Al Qur’an ataupun mengaji dapat membuatmu tenang adalah karena dengan melantukan ayat suci tersebut kamu dapat menyadari bahwa dunia memang tempat manusia untuk berkeluh kesah. Hal ini terjadi karena nikmat Allah SWT yang ada di dunia sangat sedikit namun dibagi-bagi kepada banyak orang. Maka tidak heran jika kamu merasa gelisah atau bersusah hati.

 

Justru pada saat itulah momen kamu kembali kepada Allah SWT dan menyadari bahwa hidup di dunia bukan untuk selamanya, akan ada kematian yang senantiasa menanti kita. Dengan menyadarinya, masalah pasti tidak akan lagi terasa berat dan kamu semakin yakin mampu untuk menyelesaikannya. Dan saat itu juga kamu merasa ada ketenangan hati yang tidak bisa kamu gambarkan.

 

Sumber : fimela.com

 _______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.



Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html