Monday, July 27, 2020

Mengenal GRC Bahan Bangunan Masa Kini (Bagian 2)


***

Fungsi GRC sebagai Interior dan Eksterior Bangunan

GRC tidak digunakan sebagai elemen struktural, namun untuk fungsi yang lain, jangan meragukan kekuatan GRC. Material ini dapat digunakan untuk berbagai kegunaan, seperti penahan eksterior, panel dinding, atau sebagai permukaan furnitur dan permukaan solid.

 

GRC juga dapat digunakan sebagi interior dan eksterior bangunan, hunian pribadi, bangunan gedung, dan kebutuhan komersial. Berikut ini beberapa fungsi dari material GRC.

 

Eksterior

 

Cladding eksterior

Cladding eksterior atau dinding bangunan biasanya bertujuan untuk menginfiltrasi efek cuaca dengan tetap mempertimbangkan nilai estetika. Ketebalan GRC cladding biasanya antara 8mm hingga 12mm, tetapi tidak menutup kemungkinan jika Anda memiliki permintaan khusus untuk ketebalannya. GRC cladding pun tersedia dalam bentuk polos ataupun ornamen yang bernilai seni, sehingga Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan.

 

Sunscreen

 

Dalam arsitektur modern, untuk memastikan cahaya matahari dan udara tetap bisa masuk ke setiap sudut ruangan, biasanya menggunakan sunscreen. Material yang kerap kali digunakan adalah GRC, karena mudah dipasang dan mudah dibentuk. Bentuk ornamen pun beraneka ragam sehingga menambah nilai estetika dalam bangunan.

 

Kubah atau Dome

 

GRC sering digunakan untuk pembuatan kubah dan telah menggantikan material beton bertulang yang dulu digunakan untuk pembuatan kubah. Dari sisi bentuk, kubah GRC dikenal lebih presisi karena proses pembuatannya dengan cara mencetak.

 

Lisplang

 

Lisplang adalah lis atau tepi atap bangunan dibuat untuk menyembunyikan struktur atap atau memperindah estetika bangunan. Lisplang dengan bahan GRC memiliki sifat anti cuaca, ringan, dan kuat. Biasanya lisplang GRC dibuat dengan desain sederhana untuk rumah bergaya modern.

 

Pagar rumah

 

GRC juga dapat digunakan sebagai pagar rumah. Biasanya bentuk pagar GRC yang kini digemari masyarakat adalah GRC bermotif mirip dengan kayu yang dibingkai dengan besi.

_______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.




Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html