Thursday, December 10, 2020

Tips Menjaga Kesehatan Diri Dan Keluarga Saat Musim Hujan


***

Cuaca hujan membuat suhu udara menjadi jauh lebih dingin serta membuat nyamuk menjadi semakin banyak di rumah. Hal tersebut berpotensi menyebabkan berbagai macam gangguan penyakit.

Kondisi cuaca yang berangin serta suhu udara dingin pada musim hujan membuat tubuh menjadi rentan terkena penyakit. Demam dan flu merupakan penyakit yang paling berpotensi menyerang tubuh Anda. Bagaimanapun juga, perubahan temperatur udara antara panas dan dingin kerap kali sulit diprediksi.

Mau tidak mau, Anda harus sering-sering berada di dalam rumah. Lantas bagaimana cara yang baik untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga agar tetap fit ketika musim hujan tiba? Nah, berikut ini adalah 5 tips yang bisa Anda terapkan untuk mencegah terserang penyakit dan tetap sehat setiap hari selama musim hujan.

1. Menggunakan Pakaian Yang Hangat

Akibat perubahan cuaca yang tidak dapat diprediksi, Anda harus memakai pakaian yang sesuai pada kondisi dingin. Apalagi bila Anda ingin bepergian ke luar rumah, selalu siapkan sweater atau jaket tebal

Selain itu, apabila hujan turun sangat deras namun Anda harus benar-benar pergi, pakailah jas hujan agar badan tetap hangat serta pakaian terhindar dari basah karena hujan. Anda juga perlu memperhatikan pakaian hangat yang Anda gunakan, agar tidak terlalu ketat sehingga membatasi pergerakan Anda.

Persiapkan juga pakaian hangat untuk anak Anda seperti jaket, pelindung kepala atau leher agar mereka tidak kedinginan saat beraktivitas di luar rumah.

2. Makanan Sehat Dan Bergizi

Untuk menghindari gangguan kesehatan akibat cuaca dingin, paling tidak makanlah makanan matang yang panas dan segar. Makanan panas dapat membantu menjaga temperatur tubuh Anda. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memakan panganan berlemak untuk menaikkan panas tubuh.

Cobalah makanan seperti sup pedas yang mengandung cabai. Di sisi lain, minuman yang sehat juga harus Anda konsumsi. Teh hangat atau green tea bisa menjadi pilihan terbaik. Karena memberikan kehangatan saat diminum pada cuaca dingin.

Cuaca dingin kerap kali membuat Anda lebih cepat merasa lapar. Namun, bila terus menerus mengkonsumsi makanan berat tentu tidak baik juga untuk kesehatan. Untuk mengatasi rasa lapar tersebut, upayakan memakan camilan sehat.

Anda bisa mengkonsumsi beberapa pilihan camilan seperti biskuit, keju, atau yoghurt yang lebih sehat, ketimbang makanan lain seperti keripik yang mengandung banyak lemak jahat.

3. Siapkan Payung Sebelum Hujan

Pepatah ini bukan hanya sekedar pepatah biasa. Memang Anda harus menyediakan payung bila langit mendung pertanda turun hujan. Belilah payung secukupnya dan pastikan selalu tersedia di rumah Anda.

Pisahkan juga antara payung untuk anak-anak atau orang dewasa. Agar lebih memudahkan anggota keluarga untuk memakai payung tersebut.

4. Gunakan Jalur Lalu Lintas Yang Aman

Mengendarai kendaraan dalam kondisi hujan beresiko lebih tinggi bila dibandingkan dengan kondisi normal. Anda perlu memperhatikan rambu lalu-lintas untuk menghindari jalan licin. Selain itu, Anda bisa berlatih untuk mengemudi dalam kondisi hujan di sekitar rumah agar tidak kaku ketika mengemudi saat hujan.

Pada saat di jalan raya, jaga kecepatan dalam batas aman untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Bila Anda merasa perjalanan tersebut terlalu berbahaya untuk diteruskan, lebih baik berhenti sejenak menunggu hujan reda.

5. Mengantisipasi Nyamuk

Setelah hujan, perkembangbiakan nyamuk meningkat 2 kali lipat dari biasanya. Nyamuk menyukai genangan air dan meletakkan telurnya di sana. Sebaiknya pasca hujan, Anda perlu mengosongkan wadah-wadah berisi air atau tempat2 tergenang air.

Tujuannya agar nyamuk tidak berkembang biak di sana. Bila teledor atau lalai menangani hal ini, potensi terserang penyakit malaria dan demam berdarah menjadi lebih tinggi bagi Anda dan keluarga.

Sumber: Lagosmum.com

_______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.




Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html