Tuesday, January 26, 2021

Perbedaan Rumah Modern Dan Minimalis


***

Belakangan ini model rumah terbaru banyak yang menerapkan konsep modern atau konsep minimalis. Kedua gaya ini merupakan gaya desain arsitektur yang cukup banyak diminati. Meski ada beberapa unsur yang mungkin sama, namun gaya modern dan gaya minimalis memiliki definisi dan ciri khas yang berbeda.

Agar tak bingung membedakannya, berikut tentang perbedaan rumah bergaya modern dan rumah bergaya minimalis yang harus diketahui.

 

Rumah Bergaya Modern

Rumah dengan desain bergaya modern muncul dan berkembang karena teknologi yang semakin berkembang sehingga membuat manusia lebih cenderung memilih sesuatu yang ekonomis, mudah serta bagus. Karena sebenarnya, konsep rumah bergaya modern ini adalah menyederhanakan bangunan sehingga konsep detail pada bangunan menjadi sesuatu yang tidak diperlukan.

Hal ini karena konsep rumah bergaya modern lebih berfokus pada konsep bentuk, ruang, fungsi, serta konstruksi bangunan. Di mana konsep bentuk tersebut ditampilkan dengan bentuk-bentuk geometri yang banyak menggunakan beton bertulang, baja serta bahan-bahan bangunan ringan lainnya. Kombinasi itu lah yang kemudian membentuk fungsi rumah untuk saat ini. Umumnya rumah yang menerapkan konsep modern ini memiliki elemen-elemen dengan unsur teknologi yang semakin berkembang untuk diterapkan dalam hunian, sehingga menjadi rumah tinggal yang semakin nyaman dan menyenangkan.

Rumah Bergaya Minimalis

Desain arsitektur rumah dengan gaya minimalis atau gaya rumah sederhana mulai dikenal pada tahun 1920. Yang mana gaya ini mulai berkembang karena keinginan untuk menghemat sisi arsitektur terdahulu yang dianggap boros dalam penggunaan material, biaya, waktu pengerjaan, konsep penggunaan ruang serta perawatan.

Sehingga muncul rumah bergaya minimalis dengan fungsi utama bahan bangunan dan aksesoris secara lebih maksimal dan optimal, tanpa berlebihan. Termasuk juga dengan menghindari pengaplikasian ornament-ornamen yang berlebihan.

Misal untuk desain dapur minimalis yang memanfaatkan setiap sudut di dapur agar bisa bermanfaat sesuai dengan fungsionalnya.

Maka tak heran jika bentuk ruang yang dianggap paling fungsional dan efisien adalah ruang yang berbentuk kotak atau persegi panjang sehingga dapat menghasilkan fasad bangunan berbentuk kubisme.

Dalam penampilannya, rumah minimalis juga tampak sederhana sesuai dengan fungsinya. Sehingga mereka yang menyukai gaya minimalis umumnya percaya bahwa kesederhanaan akan membawa keindahan bagi bangunan. 

Sumber : stevenaguilar.wordpress.com

_______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislami_id.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.




Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html