Tuesday, January 5, 2021

Tips Mengelola Rumah Menjadi Rumah Ramah Lingkungan


***

Rumah ramah lingkungan atau yang populer disebut eco-friendly house, Sederhananya adalah rumah yang didesain khusus dengan aspek-aspek yang mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Rumah ramah lingkungan pun juga dapat mempengaruhi gaya hidup pemukimnya untuk lebih peduli kepada lingkungan yang berkelanjutan.

Tidak mesti membongkar dan membangunnya dari awal, Anda tinggal melakukan sejumlah aktivitas yang berdasar pada prinsip-prinsip dalam rumah ramah lingkungan. Kira-kira, seperti apa aktivitasnya, mari kita simak beberapa poin dibawah ini;

Mendesain Ruang Terbuka Hijau

Keberadaan ruang terbuka hijau pada kawasan rumah diketahui menjadi ciri penting rumah ramah lingkungan. Standarnya, ruang terbuka hijau ini harus memiliki komposisi setidaknya 30 % dari keseluruhan area rumah. Aktivitas membuat ruang terbuka hijau ini tergolong mudah dan dapat Anda lakukan secara mandiri.

Jika memiliki area pekarangan tersebut, tempatkan sejumlah tanaman baik dengan menanamnya langsung di tanah ataupun ditempatkan pada pot-pot tanaman.

 

Maksimalkan Sirkulasi Udara & Pencahayaan Alami

Adapun langkah yang dapat Anda lakukan untuk memastikan sirkulasi udara tergolong baik adalah dengan metode pembersihan. Selain membersihkan jendela dan ventilasi menggunakan kemoceng atau pengelapan, ada baiknya Anda juga memastikan ventilasi tersebut bekerja dengan baik

Memaksimalkan pencahayaan alami di pagi hingga sore hari berperan untuk memberikan nuansa ruangan yang terang. Selain menerangkan serta menyehatkan ruangan dari bakteri dan virus, memaksimalkan pencahayaan alami juga merupakan manifestasi dari penghematan energi yang baik untuk lingkungan bumi.

 

Mengelola Limbah Sampah

Dalam pengelolaan limbah sampah secara mandiri, dapat dimulai dari pemilahan sampah organik dan anorganik di dua tempat penampungan yang berbeda. Lebih lanjut, untuk cara yang populer dalam pengelolaan sampah ini, Anda dapat membuat lubang biopori. Lubang biopori dapat menjadi wadah untuk mengolah sampah-sampah organik menjadi pupuk organik. Selain itu, lubang ini memiliki peran juga untuk menjadi area resapan air.

 

Sumber : lamudi.com

_______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.




Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html