Thursday, June 10, 2021

Mengenal Skema Booking Fee dalam Pembelian Rumah


***

Dalam proses transaksi pembelian properti, khususnya untuk properti baru, seringkali pengembang mensyaratkan calon pembeli (konsumen) untuk memberikan booking fee atau uang tanda jadi.

Apa sebenarnya dasar penentuan booking fee, dan berapa uang yang harus dibayar? Yuk, simak bersama-sama dalam artikel ini.

Pengertian booking fee

Secara harfiah, booking fee merupakan pembayaran dalam bentuk sejumlah uang sebagai komitmen memesan unit properti tertentu. Kamus Istilah Perumahan terbitan Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan (2017), menjelaskan bahwa booking fee adalah bukti keseriusan pembeli untuk membeli rumah.

Harga yang ditetapkan untuk booking tiap pengembang akan berbeda-beda, mulai dari Rp. 2 Juta untuk hunian murah, hingga mencapai Rp. 5 juta untuk hunian mewah.  Jika pembelian terjadi, booking fee dapat mengurangi harga pembelian.

Namun, Jika calon pembeli  batal membeli unit, biasanya uang booking fee akan dikembalikan. Tapi ada juga pengembang yang tidak mengembalikan booking fee meskipun calon pembeli batal membeli unit.

Kelebihan dari booking fee

Bagi konsumen, booking fee dapat memberikan banyak manfaat. Karena booking fee bisa mengikat unit juga promo-promo yang tersedia, sebab ada banyak promo yang ditawarkan  oleh pengembang.

 

Sumber: rumah123.com

_______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.




Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html