Friday, July 9, 2021

Pandemi COVID-19 Belum Terlewati, Beberapa Ide Untuk Melepas Stres Selama Tetap di Rumah Saja!


***

Situasi pandemi global yang berdampak di banyak negara menyebabkan berbagai permasalahan. Salah satunya adalah stres akibat periode PSBB yang cukup panjang dan membatasi banyak hal. Para orangtua pun bingung mengurus anak-anak di rumah yang sekolahnya harus ditutup karena pandemi. Selain itu, ancaman serius datang kepada orang berusia lanjut, yang lebih mudah terserang virus Covid-19.

 

Stres berlebihan akibat tekanan hidup selama pandemi membuat Anda harus ekstra hati-hati dalam mengambil langkah untuk masa akan datang. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan yang umum dilakukan untuk mengurangi stres, contohnya dengan berolahraga atau melakukan aktivitas senam pagi. Selain itu membaca buku juga dapat mengurangi tingkat stres berlebih. Berjalan santai dan belanja online juga merupakan alternatif lain yang bisa dilakukan saat bosan berada di rumah dalam waktu yang panjang.

 

1. Lebih Santai

Dalam menghadapi situasi pandemi ini, Anda harus lebih santai. Santai bukan berarti tidak waspada, melainkan lebih tenang dalam mengambil keputusan. Perlu disadari bahwa bukan hanya Anda yang mengalami keadaan seperti ini. Ambil waktu sejenak untuk sekedar relaksasi dan tenangkan diri Anda. Bila ada masalah, Anda bisa berkonsultasi dengan sanak famili, untuk membantu mengurangi masalah yang dihadapi.

 

2. Kurangi Minum Kopi

Bila Anda sering merasa tidak tenang dan sulit mengontrol emosi, sebaiknya kurangi konsumsi minuman kopi. Kadar kafein dalam kopi dapat memicu jantung untuk berdetak lebih cepat sehingga menyebabkan Anda tegang dan berdebar-debar. Sebaliknya, perbanyaklah minum air putih.

 

3. Berhenti Sejenak Dari Berita

Memang menonton berita dapat membantu kita untuk mengetahui keadaan serta informasi terkini terkait pandemi, sehingga dapat mengantisipasi lebih dini. Namun, sebaiknya Anda menjauhi informasi seputar pandemi, bila merasa sedang stres. Banyaknya informasi keliru membuat Anda merasa tidak nyaman bahkan jenuh. Apalagi bila berita tersebut muncul di kolom media sosial Anda. Tentu sangat tidak nyaman untuk dikonsumsi setiap hari. Alihkan aktivitas Anda ke sesuatu yang lebih bermanfaat, misalnya berolahraga, membaca buku, memasak, bercocok tanam, dan banyak lagi lainnya.

 

4. Berjalan Kaki Pagi Dan Sore

Anda bisa mengambil waktu sejenak di pagi atau sore hari untuk berjalan santai mengelilingi kompleks rumah yang Anda tempati. Namun tetap jaga jarak aman dengan orang lain. Hindari untuk berjalan melalui keramaian, utamakan keselamatan dan kenyamanan Anda ketika berjalan.

 

5. Membersihkan Rumah

Aktivitas ini dapat membantu mengurangi stres yang Anda alami. Selain itu, kebersihan rumah merupakan kunci utama agar keluarga Anda terhindar dari virus Covid-19. Aktivitas ini juga terbukti meningkatkan kesehatan mental Anda. Karena rumah yang bersih mendatangkan banyak manfaat bagi diri sendiri dan juga keluarga yang Anda cintai.

 

6. Bercengkrama Dengan Teman Dan Keluarga

Anda mungkin merasa sangat bosan dan jenuh dengan pembatasan sosial yang diterapkan oleh pemerintah. Namun, jangan khawatir secara berlebihan, Anda bisa mencari alternatif untuk tetap terhubung secara sosial dengan teman atau keluarga. Habiskan banyak waktu dengan keluarga Anda. Lakukan aktivitas bersama, seperti menonton TV atau berkebun. Anda juga bebas menghubungi teman secara daring dan menanyakan kondisi mereka. Mood tetap terjaga sekaligus mencukupi kebutuhan sosial Anda.

 

Sumber: Rumah.com

_______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.




Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html