Friday, March 18, 2022

Milenial, Begini Cara Menabung Beli Rumah yang Tepat


***

Membeli rumah menjadi keinginan setiap orang. Namun, harga yang terus naik setiap tahun menjadi salah satu kendala yang sulit terelakkan.

 

Hal ini yang menjadi alasan banyak masyarakat menunda membeli rumah. Padahal membeli rumah bukanlah hal mustahil jika memiliki cara menabung yang efektif.

 

Ada beberapa cara menabung yang bisa Anda terapkan untuk membeli rumah.  Salah satunya adalah dengan berhemat dan merencanakan keuangan dengan sebaik-baiknya.

 

Namun, terpenting dalam menabung beli rumah adalah konsisten. Jika dijalankan dengan konsisten, bukan tak mungkin Anda bisa membeli rumah.

 

Berikut ini beberapa cara menabung beli rumah yang bisa Anda lakukan.

 

1. Bikin target jumlah

Menabung tanpa tujuan layaknya pergi tanpa arah jalan. Pasti, Anda akan cepat menyerah dan pada akhirnya menghabiskan tabungan sebelum keinginan membeli rumah tercapai.

 

Jadi, wajib membuat target jumlah tabungan Anda untuk membeli rumah. Lakukan perhitungan keuangan dengan baik, termasuk menentukan rasio tabungan yang bisa dilakukan di dalam pendapatan tetap bulanan yang Anda terima.

 

2. Investasi tanpa depresiasi nilai

Salah satu cara buat menabung untuk membeli rumah adalah dengan berinvestasi. Tapi, tidak boleh sembarang pilih alat investasinya karena tidak semua bisa memberikan nilai investasi yang stabil.

 

Ada banyak barang investasi yang bisa Anda beli dan simpan dalam jangka waktu lama sebagai usaha untuk menabung tanpa depresiasi nilai. Sebut saja emas, properti kecil-kecilan, hingga barang koleksi seperti sneaker atau mobil dan motor tua.

 

3. Sisihkan di awal bulan

Terkadang, usaha kita buat menabung untuk membeli rumah terhambat karena gaya hidup kita. Pemasukan yang biasa datang di akhir atau menuju awal bulan lebih cepat habisnya karena sifat konsumtif.

 

Salah satu cara biar bisa menabung efektif dengan menyisihkan sebagian pendapatan di awal bulan. Misalnya Anda menyisihkan 20-30 persen dari pendapatan untuk ditabung.

 

4. Terapkan gaya hidup hemat

Hemat bukan berarti pelit. Jadi Anda tetap bisa membeli barang kebutuhanmu tapi hanya caranya aja yang berbeda. Gimana maksudnya?

 

Misalnya selama ini Anda beli sabun mandi dengan ukuran sedang yang habis setiap dua minggu. Untuk selanjutnya, bisa membeli sabun mandi refill ukuran besar yang biasanya untuk harga tidak terlalu jauh.

 

Memulai pola hidup hemat memang akan terasa sulit di awal, terutama buat Anda yang terbiasa mengeluarkan uang tanpa pikir panjang.

 

5. Membuat rekening tabungan

Tips menabung selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar dapat beli rumah adalah dengan membuat rekening tabungan yang tidak bisa diambil.

 

Hal itu bertujuan agar kamu dapat terhindar dari godaan saat menabung. Pasalnya kalau tidak seperti itu, saat Anda melihat ada barang sedang diskon, bisa saja langsung tergoda untuk menggunakannya.

 

 

Sumber : Medcom.id

_______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.




Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

 

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html