Wednesday, April 13, 2022

Tips Membuat Rumah Tahan Banjir Dengan Budget Minimalis


***

Setiap datang musim penghujan seperti ini, ancaman banjir memang selalu menghantui, apalagi pada daerah yang kerap menjadi langganan banjir, saat banjir menerjang hal yang paling dikhawatirkan adalah keselamatan pemilik rumah dan rusaknya beberapa bagian dari rumah.

 

Jika memang Anda tidak memiliki banyak biaya untuk merenovasi rumah, sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah air banjir masuk ke dalam rumah, salah satunya dengan melakukan hal di bawah ini :

 

Membuat Tanggul

Sebenarnya hal utama yang dapat dilakukan untuk mencegah banjir adalah merenovasi rumah dengan menaikkan lantai, namun jika Anda tidak memiliki cukup biaya untuk melakukannya Anda bisa membuat tanggul di depan teras atau pintu masuk rumah. Tanggul tersebut bisa berupa papan yang dipaku atau tumpukan karung-karung pasir. Dengan membuat tanggul ini Anda dapat menghalau air ketika banjir datang. 

 

Cek Saluran Pembuangan

Nah, agar air tidak tergenang saat hujan datang, sudah selayaknya Anda memeriksa saluran pembuangan air di rumah, periksa dengan seksama apakah di dalam selokan terdapat sampah yang dapat menyumbat  pergerakan air.

 

Membuat Biopori

Salah satu penyebab banjir adalah air permukaan yang tidak meresap ke dalam tanah, maka untuk mempermudah air masuk ke dalam tanah, Anda bisa membuat lubang biopori. Biopori adalah lubang lubang-lubang kecil yang dibuat di dalam tanah. Fungsinya untuk mengoptimalkan daya serap air, biasanya biopori dibuat di halaman rumah.

Cara untuk membuat biopori sebenarnya sangat sederhana. Pertama Anda harus membuat lubang dengan kedalaman 100 cm, kemudian isi lubang dengan sampah organik atau sisa tanaman. Agar kuat mulut lubang diberikan semen 2-3 cm dengan tebal 2 cm. Biaya untuk membuat biopori sendiri sekitar Rp 200 ribu.

 

Menanam Tanaman Penyerap Air

Menanam tanaman penyerap air juga bisa dijadikan solusi untuk mengurangi dampak banjir, ada beberapa jenis pohon yang dikenal dapat menyerap air dengan baik yakni pohon bambu, pohon jati, rumput akar wangi, mahoni, jabon, asam jawa, hingga palem putri.

 

Sumber : lamudi.co.id

_______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.





Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html