Saturday, April 11, 2020

Bekerja dari Rumah dengan Efektif


Sebagian besar perkantoran kini menganjurkan karyawannya bekerja dari rumah untuk membantu memperbaiki kurva pandemi COVID-19. Ini juga dilakukan demi mencegah mereka terjangkit virus saat melakukan rutinitas dalam bekerja. Agar efektif dalam menyelesaikan pekerjaan, di bawah ini ada beberapa tips bermanfaat yang bisa Anda lakukan.

1. Cari area yang cocok untuk bekerja di rumah

Duduklah di kursi yang nyaman dan meja yang tepat untuk bekerja di rumah. Pastikan Anda duduk dalam posisi yang tepat untuk menghindari nyeri otot. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan area bekerja. Menjaga meja agar tidak berantakan akan membuat Anda bisa berkonsentrasi pada pekerjaan.


2. Memulai hari dengan Bismillah

Jadikan waktu yang digunakan untuk bekerja sebagai bentuk ibadah dengan mengucapkan niat yang tepat untuk bekerja demi Allah (SWT) semata. Apalagi mengingat hal-hal yang dilakukan akan dinilai di akhirat berdasarkan tujuan kita.

”Dia (Musa) berkata, “Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.”

– Taha, 20:25-28

3. Membagi waktu

Rencanakan hari Anda di sekitar lima waktu salat. Anda bisa mulai bekerja beberapa jam setelah Subuh dan beristirahat untuk makan siang saat Zuhur. Akhiri pekerjaan di sekitar waktu Asar atau paling lambat, Magrib. Ini akan memastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup sekaligus juga tujuan untuk bekerja, sehingga tidak ada waktu yang terbuang percuma atau pekerjaan yang belum terselesaikan. 


4. Buatlah daftar hal-hal yang harus dilakukan 

Buatlah daftar hal-hal yang harus dilakukan untuk seluruh aspek kehidupan Anda: Pekerjaan, Rumah Tangga, dan Pribadi. Kategorikan semuanya sesuai tingkat kebutuhan mendesak atau deadline untuk memastikan waktu penyelesaian. Ini akan membantu Anda agar tetap menyadari tugas apa yang harus diselesaikan segera dan mencegah terjadinya penumpukan pekerjaan di detik-detik terakhir. Selain itu juga rasanya sangat menyenangkan saat dapat mencoret tugas dari daftar yang dibuat.

5. Singkirkan distraksi dan buat jadwal untuk hal tersebut

Buatlah batasan tegas terkait pekerjaan dan usahakan agar orang-orang di sekitar Anda menghormati hal tersebut. Ini termasuk juga membuat batasan kepada semua orang di rumah agar tidak mengajak Anda mengobrol atau mengganggu pekerjaan. Jelaskan kepada mereka tentang jadwal pekerjaan dan luangkan waktu bersama mereka saat beristirahat, jadi ketika kembali bekerja, Anda juga akan kembali fokus.

6. Beristirahat dan tetap berenergi 

Dengan adanya kesempatan bekerja di rumah, berarti ini juga waktu yang tepat untuk bisa salat tepat waktu. Beristirahatlah sejenak untuk salat dan lakukan olahraga ringan agar tubuh tetap berenergi dan produktif sepanjang hari.

7. Pastikan tubuh tetap terhidrasi 

Dengan berlanjutnya krisis COVID-19, meningkatkan asupan air demi menyiapkan tubuh menyambut Ramadan adalah hal penting. Sediakan botol air di dekat Anda untuk memastikan Anda selalu terhidrasi.

Semoga Allah melancarkan semua urusan kita dalam kondisi ini.

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html