Thursday, April 16, 2020

BELANJA YANG HALAL DI TEMPAT YANG MENJUAL BARANG HARAM


Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. [al-Maidah/5:2].

Seorang muslim, tidak boleh menjadi pendukung bagi seseorang yang di tempat itu terdapat dosa dan maksiat, serta pelanggaran terhadap yang diharamkan Allah Azza wa Jalla.

Berdasarkan hal ini, jika seorang muslim memiliki pilihan dan kelonggaran, artinya bisa mendapatkan seorang yang menjual yang halal dan menjaga diri dari menjual barang haram, seperti daging bagi dan lainnya, maka ia harus bermuamalah dengannya, tidak dengan orang yang menjual barang halal dan haram. Namun, jika tidak memungkinkan bagi seorang muslim (mendapatkan tempat yang menjual barang halal saja, Red.), maka diperbolehkan baginya membeli daging halal dan makanan yang diperbolehkan dari tempat itu, selama tidak tercampur dengan lainnya, berdasarkan firman Allah Azza wa Jalla.

فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ

Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu. [at-Taghâbun/64:16].

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

Al-Lajnatid-Dâimah lil Buhûtsil-‘Ilmiyah wal-Iftâ`

(Sumber: https://almanhaj.or.id/5165-belanja-yang-halal-di-tempat-yang-juga-menjual-barang-haram-2.html)


#rumah  #rumah123  #rumahdijual #rumahcom #rumahsyariah #kavling #kavlingrumah #kavlingmurah #kavlingstrategis #kavlingpromo #rumahsyariahbekasi #perumahanislamiindonesia #sunnah #ustadzadihidayat #ustadzkhalidbasalamah #ustadzsyafiqrizabasalamah #ustadzabdulsomad #islam

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html