Sunday, July 5, 2020

Kebiasaan Seperti Ini Bisa Bikin Rejekimu Seret


***

Allah Swt tidak mungkin salah dalam memberi Rezeki kepada hamba-Nya. Besar atau kecil, Rezeki yang diberikan Allah wajib kita syukuri.

 

Tidak harus berupa materi, hal-hal sederhana seperti oksigen gratis bahkan teman yang baik juga termasuk Rezeki

 

Hanya saja, manusia sering kali abai terhadap Rezeki dari Allah tersebut. Manusia, diakui atau tidak, sering mengeluh terhadap apa yang diperolehnya. Padahal, bisa saja Rezeki yang datang sedikit kepada manusia itu karena perbuatannya yang tanpa disadari dapat mempersempit Rezeki.

 

Apa saja? Berikut uraiannya:

 

1. Sering berbuat Dosa

 

Dosa dikatakan sebagai perkara yang membuat Rezeki Susah Datang sebagaimana yang dikatakan dalam berbagai riwayat.

Hadis berikut dikutip oleh Imam Ibnul Jauzi dalam kitab Shaidul Khatir, yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal, Imam Ibnu Majah, Imam Ibnu Hibban, Imam Al-Hakim, dan Imam Al-Baghawi Radhiyallahu ‘anhum menjelaskan akan hal itu.

"Seorang hamba tidak bisa memperoleh Rezeki karena Dosa yang dikerjakannya."

 

2. Tidur Di Pagi Hari

 

Siapa sangka Tidur Di Pagi Hari dapat mempersempit datangnya Rezeki. Mungkin ini pula yang menjadi alasan sebuah ungkapan, "Jangan Tidur Di Pagi Hari, nanti rezekinya dipatok ayam."

Nabi saw bersabda sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal, "Tidur Di Pagi Hari menghalagi datangnya Rezeki."

 

3. Kurang Bersyukur


Karena sering mengeluh, kebanyakan manusia menjadi kurang Bersyukur. Padahal, Allah Swt berjanji akan menambah nikmat kaumnya apabila sering Bersyukur.

Allah berfirman, "Dan ingatlah tatkala Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu Bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim: 7).

 

4. Kurang bekerja keras dan malas-malasan

 

Meski pada hakikatnya Allah yang menjamin besar kecilnya suatu Rezeki terhadap manusia, tetapi semua tergantung pada ikhtiar masing-masing orang. Secara logika, jangan harap orang yang bermalas-malasan akan meraih suatu kesuksesan.

Allah berfirman, "Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia." (QS. Ar-Ra’du: 11).

 

5. Kufur nikmat

 

Kufur nikmat adalah kebalikan dari rasa Bersyukur. Orang yang kufur nikmat biasanya tidak percaya bahwa segala sesuatu yang ia miliki datang dari Allah dan bahkan ia enggan mengeluarkan zakat maupun sedekah.

Allah berfirman, "Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan dengan sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezekinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi penduduknya mengingkari nikmat-nimat Allah; karena itu Allah menimpakan kepada mereka bencana kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang mereka perbuat." (QS. An-Nahl: 112).

 

Itulah beberapa hal yang dapat mempersempit datangnya Rezeki sehingga kita harus berusaha menjauhi perilaku di atas.

Wallahu a'lam.

 

Sumber : akurat.co

_______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.



Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html