Sunday, July 26, 2020

Mengenal GRC Bahan Bangunan Masa Kini (Bagian 1)


***

Material GRC dapat membuat hunian Anda bergaya futuristik modern hingga bernilai seni.

Tren arsitektur tidak selalu berupa gaya yang belum pernah ada sebelumnya, tetapi bisa juga gaya lama yang dipopulerkan kembali atau perpaduan gaya lama dan baru. Salah satu produk yang menjadi tren beberapa tahun ini adalah GRC, yang kini laris manis digunakan sebagai material penunjang dalam dunia arsitektur.

 

Apa itu GRC?

GRC atau dikenal sebagai GFRC adalah singkatan dari GlassFiber Reinforced Concrete. GRC merupakan sejenis beton yang diperkuat serat. Produk ini juga dikenal sebagai beton bertulang glass fiber, yaitu merupakan material komposit yang terdiri dari pasir halus, semen, polimer akrilik, air, serta serat kaca tahan alkali yang dikenal berkekuatan tinggi.

 

Keunggulan GRC sebagai Bahan Bangunan

Kuat

Meskipun tidak sekuat beton, GRC termasuk material yang kuat dan kemampuannya terbukti untuk menahan gempa dan angin badai.

Ringan

Berat GRC sekitar 80%-90% dari beton padat dan hal ini yang membuat GRC lebih mudah dipasang. Bobotnya yang ringan memungkinkan GRC dapat didesain sesuai dengan keinginan dan membuat biaya transportasi GRC menjadi lebih hemat.

Tahan

terhadap cuacaIklim tropis dengan tingkat kelembapan yang tinggi tak membuat GRC mudah rusak. Material ini dapat tahan terhadap erosi cuaca, termasuk cuaca yang dingin. Tak hanya itu, GRC juga tahan terhadap karat dan dapat digunakan di air garam atau lingkungan bawah laut.

 

Keunggulan GRC sebagai Bahan Bangunan

Tidak mudah terbakar

GRC terbuat dari mineral sehingga tidak mudah terbakar. Meski ada panas tinggi, GRC dapat melindungi bahan belakangnya dari api panas yang mencapai 140 derajat.

Harga terjangkau

Dibandingkan dengan material lainnya, harga GRC relatif terjangkau. Hal ini merupakan salah satu alasan GRC mulai sering digunakan dalam proses pembangunan. Untuk GRC board, harganya sekitar Rp55.000 dengan ukuran 1,2 x 2,4 meter dan ketebalan 4mm.

Aman bagi kesehatan

GRC aman bagi kesehatan para penghuni rumah karena struktur pembuatan GRC tidak menggunakan asbestos.

Estetika

GRC dapat memberikan tampilan dengan nuansa terakota, kayu, panel-panel yang halus, batu alam, hingga beton pracetak arsitektur. Hal ini membuat para arsitektur berkreasi lebih banyak dengan bentuk, warna, dan tekstur.

_______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.




Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html