Tuesday, August 4, 2020

Musim Hujan Sudah Tiba Ini Yang Harus Dipersiapkan Di Rumah (Bagian 1)


***

Belakangan ini cuaca sudah mulai lembab dan hujan mulai sering turun, walau pada siang hari masih terasa panas. Cuaca yang tak menentu dan sulit diprediksi ini kadang membuat banyak menjadi kesulitan melakukan persiapan. Namun saat musim hujan sudah tiba, Anda tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk rumah.

Lalu persiapan apa saja yang perlu dilakukan dalam menyambut musim hujan? Berikut di antaranya:

 

Memastikan Pipa Air -  Berfungsi Dengan Baik  -

Saat hujan tiba, air akan terhalang oleh atap rumah dan dialirkan menuju pipa. Dari sana kemudian air dialirkan lagi menuju tanah atau penampungan hujan lainnya. Namun jika pipa air tidak berfungsi dengan baik, hal ini bisa menjadi masalah bagi rumah Anda nantinya. Fungsi pipa untuk menghantarkan air tidak berjalan baik.

 

Pipa harus dirawat dari pelapukan akibat jamur, berlubang, maupun patah. Air dari pipa akan mengalir ke berbagai arah sehingga menyebabkan masalah lain seperti munculnya genangan, masuk ke dalam rumah, hingga merusak properti. Oleh karena itu Anda harus rutin melakukan perawatan pada pipa.

 

Pastikan Jendela Dan Pintu -  Tidak Rusak  -

Hujan yang berlangsung selama berhari-hari tentu membuat bagian luar rumah Anda perlu diperhatikan. Hujan pada umumnya akan mengenai jendela dan pintu secara langsung. Jika terus terkena air, maka bagian dari rumah tersebut lama-lama kelamaan akan mengalami kerusakan.

 

Kerusakan yang terjadi tersebut akan membuat air menjadi merembes masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu pastikan jendela dan pintu terpasang dengan baik. Anda bisa melihat pada bagian baut apakah longgar atau tidak. Lalu kayu pada jendela juga terkadang mengalami pelapukan pada musim hujan sehingga perlu Anda ganti.

 

Persiapan Menghadapi Banjir

Ini adalah kemungkinan yang paling buruk saat memasuki musim hujan. Jika Anda tinggal di kawasan yang sering terkena banjir, maka Anda perlu menempatkan barang-barang di lantai atas. Terlebih barang-barang berharga tentu harus menjadi prioritas untuk diselamatkan.

 

Selain itu, Anda juga mencabut peralatan listrik yang masih terhubung agar tidak terjadi korsleting listrik nantinya.

 

Sumber : Rumah.com

_______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.




Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html