Wednesday, December 2, 2020

Tips Menghemat Biaya Saat Merenovasi Rumah


***

Memiliki rumah yang nyaman tentu menjadi impian bagi siapa saja, arti nyaman di sini tentu memiliki makna yang cukup luas, bisa dilihat dari rumah yang mewah ataupun memiliki desain yang memang sesuai dengan yang diharapkan. Namun permasalahannya bagaimana jika kriteria tersebut belum dimiliki oleh rumah Anda.

Jika kondisinya seperti itu, merenovasi rumah mungkin bisa menjadi jawabannya, namun renovasi rumah bukan lah hal yang mudah, ada banyak hal yang harus diperhatikan, karena merenovasi rumah dibutuhkan perencanaan yang matang, jika tidak nanti bisa-biasa biaya untuk renovasi akan membengkak.

Nah, bagi Anda yang saat ini berencana untuk merenovasi rumah, berikut ini adalah beberapa tips untuk menghemat biaya saat merenovasi rumah.

 

Tentukan konsep tentang renovasi rumah secara matang

Pada tahap ini, kita menentukan bagian rumah mana saja yang ingin kita renovasi/perbaiki, bagaimana desainnya, apakah kita akan menggunakan kembali material lama atau tidak. Bila ingin menggunakan material lama tentu harus dibongkar secara hati-hati agar tidak rusak. Sedangkan menentukan desain berguna agar hasilnya sesuai dengan yang kita inginkan. Karena bila hasil tidak sesuai, kita harus membongkarnya sehingga biaya yang dikeluarkan lebih banyak. Dengan mengetahui konsep dengan matang juga membantu tukang mengerjakan dengan lebih cepat.

 

Tentukan bahan bangunan dengan baik

Bila memang dana kita terbatas, carilah bahan material yang lebih murah dengan kualitas menengah. Bahan material merupakan pengeluaran termahal ketika merenovasi rumah. Namun, ada beberapa bagian dalam renovasi rumah Anda tidak bisa kompromi untuk masalah harga dan kualitas, di bagian tersebut Anda harus menggunakan bahan yang berkualitas dengan harga yang lebih mahal, seperti pada bagian pondasi rumah, pipa air yang ditanam, struktur bangunan, rangka atap. Dapat dibayangkan bila pada bagian tadi terjadi kebocoran atau rusak, tentu kita harus membongkar lagi yang berarti perlu mengeluarkan uang lagi. Untuk cat eksterior juga disarankan menggunakan kualitas baik karena bagian luar rumah biasanya terkena hujan, teriknya matahari atau udara lembab.

 

Pilih cara pembayaran tukang

Cara pembayaran tukang umumnya terbagi dua, yaitu borongan dan harian. Bila memang kita sudah pasti apa yang akan direnovasi dan kita sudah mengetahui konsep renovasi rumah secara matang, maka lebih baik kita menggunakan sistem borongan. Sebaliknya, bila konsep renovasi kita belum jelas kita dapat membayar tukang secara harian.

 

Pilih waktu yang tepat untuk renovasi rumah

Renovasi rumah sebaiknya jangan dilakukan saat musim hujan, karena pada musim ini tukang yang mengerjakan dapat menemui kesulitan. Selain itu, untuk bagian yang berada di luar yang sedang direnovasi menjadi sulit kering dan bahkan bisa menjadi rusak.

 

Sumber : lamudi.co.id


 _______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.




Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html