Wednesday, January 20, 2021

Baiti Jannati, Kebahagian Keluarga karena Keberkahan


***

-         Setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda dalam mengartikan sebuah kebahagiaan. Ada yang menganggap bahwa kebahagian yang sempurna ialah segala kebutuhan telah tercapai yakni harta, tahta dan wanita. Ada yang berpresepsi bahwa kebahagiaan itu adalah dapat membuat orang lain bahagia atau dapat berkumpul bersama sudah lebih dari cukup untuk dikatakan bahagia. Namun, kebahagian yang sesungguhnya bukan berarti memiliki harta yang banyak dan melimpah, ataupun dengan harta, tahta dan wanita. Bahagia adalah dimana tempat tinggal itu dijadikan surga bagi para penghuninya.

 

-      Allah SWT berfirman yang artinya: “Allah menjanjikan kepada orang- orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai- sungai, mereka kekal di dalamnya, dan (mendapat) tempat- tempat yang bagus di surga ‘Adn dan keridaan Allahadalh lebih besar, itu adalah keberuntungan yang besar.”(QS. At- Taubah : 72)

 

-      Kebahagian yang hakiki ialah suatu pencapaian dimana di akhirat nanti kita dapat meraih surgaNya Allah SWT. Secara tidak langsung Allah meminta kepada hamba- hambanya untuk mampu menjadikan seluruh lingkungan kita termasuk rumah kita, menjadi taman-taman surga duniawi. Rumah yang mampu menghantarkan semua keluarga kita menuju taman-taman surga yang telah diberkahi oleh Allah SWT.

 

-      Lalu bagaimana mewujudkan konsep rumahku surgaku? Rasulullah ï·º. pernah bersabda, “Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya syetan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqarah” (HR. Muslim).

 

-      Maksud dari hadis ini ialah meramaikan rumah bukanlah dengan hal- hal yang tidak baik, namun ramaikanlah isi rumah dengan lantunan ayat- ayat suci Al-Quran. Rumah yang tak terdengar ayat suci Al-Quran layaknya kuburan. Ini adalah salah satu kebiasaan yang dapat membentuk konsep baiti jannati.

 

Sumber: redaksi@islampos.com

_______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislami_id.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.




Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html