Saturday, July 17, 2021

5 Tips Mengatur Pencahayaan di Rumah


***

Pencahayaan merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah hunian, namun kerap diabaikan pemilik rumah. Padahal pencahayaan sangat memengaruhi keseluruhan visual desain rumah.

 

Selain itu, pencahayaan juga mempengaruhi kenyamanan beraktivitas di rumah. Pencahayaan di rumah bisa diperoleh dengan alami melalui sinar matahari dan buatan dengan lampu.

 

Pencahayaan memiliki peranan penting di rumah, maka dibutuhkan perencanaan yang tepat. Berikut ini tips pencahayaan yang tepat di rumah.

1. Jenis lampu dan ruangan

Tak semua jenis lampu bisa digunakan pada ruangan di rumah. Ada beberapa cahaya yang harus disesuaikan dengan fungsi ruangan.

Misalnya, ada ruangan yang membutuhkan lebih banyak cahaya seperti ruang tamu atau intensitas cahaya sedang bisa digunakan pada ruang keluarga.


2. Titik fokus pencahayaan

Tidak semua jenis lampu harus berukuran sama dengan yang lainnya. Misalnya, jika Anda memiliki ruangan besar, sebaiknya gunakan lampu gantung.

Sebaliknya jika berukuran lebih kecil, Anda dapat menggunakan lampu sudut kecil.


3. Lampu dimmer

Sediakan lampu dimmer di setiap kamar. Lampu dengan pencahayaan sedikit suram ini akan berguna untuk mengubah mood dan menyeimbangkan cahaya buatan dengan cahaya alami.


4. Sebaran lampu

Penggunaan satu sumber cahaya bisa menyebabkan munculnya bayangan di segala arah. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan lebih dari satu sumber cahaya.


5. Warna cahaya

Warna pada cahaya juga bisa memberikan efek yang berbeda pada ruangan. Misalnya untuk ruang kerja yang butuh fokus dan detail tinggi bisa menggunakan warna cool daylight.

Untuk sehari-hari, Anda bisa menggunakan warna natural white. Sementara di kamar tidur atau ruang keluarga bisa menggunakan temperatur warna lampu warm white untuk menciptakan suasana hangat.

Sumber : medcom.id

_______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.




Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html