Tuesday, October 26, 2021

Biaya-Biaya Tambahan yang Muncul Pada Saat Membeli Rumah!


***

Banyak orang yang tidak memahami ketika ingin membeli rumah, sesungguhnya mereka tidak hanya membayar harga rumah itu saja namun juga berbagai biaya lainnya. Biaya tambahan yang dibebankan kepada kedua pelaku transaksi yakni pembeli dan penjual rumah sebenarnya lumrah dan akan membuat harga rumah jauh lebih besar. Oleh sebab itu penting untuk memahami biaya–biaya lain saat beli rumah.

 

1. BPHTB

Pembeli rumah wajib untuk memahami biaya tambahan beli rumah yang berasal dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Perhitungan BPHTB dipengaruhi oleh besaran Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak atau dikenal NJOPTKP. Besaran NJOPTKP sangat dipengaruhi oleh lokasi rumah tersebut.

2. Biaya Akta Jual Beli

Akta Jual Beli atau AJB merupakan biaya yang dikeluarkan oleh pembeli untuk mengurus akta jual beli properti. Akta Jual Beli sendiri harus diproses melalui Pejabat Pembuat Akta Tanah atau PPAT berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 37 tahun 1998. Terkait biaya AJB sendiri tidak ditentukan dengan pasti namun kisarannya adalah 0,5% sampai 1% dari harga transaksi.

3. Biaya Balik Nama

Bagian dari biaya jual beli rumah berikutnya ialah balik nama sertifikat tanah untuk pergantian nama yang tercantum pada sertifikat hak milik (SHM). Nominal yang harus dibayarkan dilihat dari nilai transaksi atau sesuai dengan peraturan daerah yang berlaku.

4. Biaya Sertifikat

Ada beberapa jenis sertifikat saat membeli atau membangun Rumah. Salah satu yang terpenting adalah SHM (Surat Hak Milik) karena memiliki kasta tertinggi dan terkuat dalam badan hokum.

 

Pastikan untuk memperhitungkan biaya tambahan ini saat membeli rumah. Tujuannya adalah agar biaya yang harus dikeluarkan tidak melebihi anggaran yang sudah disiapkan.

 _______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.




Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah 


 

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html