Tuesday, April 19, 2022

Mana yang Lebih Baik untuk Lahan Terbatas, Garasi atau Carport?


***

Di dalam laman Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dinyatakan sebutan lain bagi garasi adalah kandang mobil. Yaitu bagian rumah yang dijadikan tempat menyimpan mobil dan melindunginya dari pengaruh cuaca serta tangan jahil.

Sedangkan pengertian carport sebagaimana dikutip dari Wikipedia adalah tempat menyimpan kendaraan di depan rumah yang tidak memiliki garasi ataupun memiliki kendaraan lebih banyak dari kapasitas garasi.

Biasanya emper rumah dilengkapi atap yang melindungi kendaraan dari hujan dan dan terik matahari.

 

Perbedaan fisik

Secara fisik carport umumnya semi terbuka dengan atap. Halaman yang menjadi jalur masuk menuju pintu depan rumah cukup diberi atap dan seketika punya fungsi jadi tempat menyimpan mobil.

Atapnya bisa berupa kantilever yang menyatu dengan rumah utama atau pergola yang disangga tiang. Ada yang terbuat dari kayu, besi dan lembaran fiberglass.

Sedangkan garasi berupa ruang penyimpanan tertutup, kerap menyatu dengan rumah, lengkap dengan lantai, dinding dan langit-langit. Karena lebih tertutup, garasi memberi perlindungan yang lebih baik dibandingkan carport.

 

Keuntungan

Carport dan garasi memiliki kelebihan masing-masing. Carport sedikit unggul dalam kebutuhan luas lahannya yang minimalis. Untuk sebuah citycar atau low MPV, lahan yang diperlukan hanya seluas 10-15 meter persegi.

Bandingkan dengan garasi yang memakan lahan sedikit lebih besar, yaitu 12,5 hingga 18 meter persegi. Lahan seluas itu hanya untuk satu mobil. Bila ada lebih dari satu mobil yang akan disimpan di dalamnya atau sekaligus berfungsi sebagai gudang

Membangun garasi maupun carport tentu tidak menjadi masalah bagi pemilik rumah yang masih memiliki sisa lahan. Bagi rumah yang sisa lahan dan dananya terbatas, carport adalah pilihan terbaik.

 

Sumber : medcom.id


 _______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.





Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html