Friday, April 1, 2022

Tips Membangun Rumah Sesuai Budget

 


***

Pembangunan rumah biasa dilakukan karena dua alasan, yaitu ingin mengubah kondisi rumah atau renovasi bagian yang rusak. Biasanya sering kali mengalami pembengkakan anggaran dari yang sudah ditentukan. Karena itu, meski membangun rumah sendiri membutuhkan kucuran dana dan waktu yang tak sedikit namun layak diperjuangkan.

Perhitungan ini seringkali membuat kita menghela nafas karena melihat besaran angkanya.

Namun bila tahu triknya, Anda masih bisa menekan biaya sesuai bujet yang Anda miliki. Simak cara perhitungan luas bangunan, biaya jasa tukang bangunan, harga bahan bangunan, dan biaya elemen rumah berikut:

 

Perhitungan Luas Bangunan

Menghitung biaya bangun rumah bisa dilakukan dengan menghitung luas bangunan. Cara perhitungan secara manual ini biasa digunakan para kontraktor. Pertama, lihatlah denah rumah Anda, lalu cek ukuran depan rumah dan panjangnya. Misalnya yang tertera adalah lebar 6 meter, dan panjang 10 meter. Masukan dalam rumus matematika L = P x L

Jadi, luas rumah = 10m x 6m = 60m2

Misalnya harga permeter persegi bangun rumah di lokasi rumah Anda adalah Rp3.000.000. Maka biaya yang dibutuhkan untuk bangun rumah adalah:

60m2 x Rp3.000.000 = Rp180.000.000.

 

Biaya Jasa Tukang Bangunan

Biaya jasa tukang bangunan ini biasanya dihitung dengan dua sistem: harian atau borongan. Untuk sistem harian, artinya Anda menghitung harga tukang per hari lalu dikalikan dengan jumlah total hari kerja masing-masing tukang.

Bila Anda ingin bangunan rumah selesai dalam waktu lebih cepat, Anda bisa memilih sistem borongan yang dibagi dua jenis: borongan seluruhnya dan borongan upah tenaga. Borongan seluruhnya artinya Anda membayar jasa tukang dan menyerahkan sepenuhnya urusan material kepada pihak tukang.

Sedangkan borongan upah tenaga artinya Anda hanya membayar jasa tukang sampai bangunan selesai sedangkan untuk material bangunan Anda beli sendiri. Anda bisa menghemat pada bagian ini, karena material yang dibeli bisa disesuaikan dengan toko bahan bangunan langganan Anda yang memberikan diskon atau promo untuk Anda.

Yang harus diperhatikan bila memilih sistem borongan adalah diskusikan dengan baik di awal harga yang ditawarkan mencakup hal-hal apa saja dan jangan ragu untuk melakukan tawar menawar bila harga yang ditawarkan melebihi bujet Anda.

Perlu diperhatikan pula bahwa tukang sistem borongan biasanya cenderung bekerja berkejaran dengan waktu sehingga kurang memperhatikan detail. Maka tugas Anda untuk mengecek sesering mungkin setiap proses yang tukang kerjakan, pastikan detail bangunan rapi, sesuai yang Anda inginkan dan telah disepakati di awal.

 

Harga Bahan Bangunan

Saat dalam tahap persiapan bangun rumah, lakukan riset dulu ke beberapa toko bahan bangunan. Sebaiknya pilihlah yang lokasinya dekat dari lokasi pembangunan, dengan demikian Anda sudah menghemat biaya kirim karena biasanya toko bangunan memberikan ongkos kirim gratis bila jaraknya dekat.

Secara waktu pun akan lebih hemat, Anda tidak perlu menunggu lama bahan material datang dan bila mendadak membutuhkan tambahan material, barang akan sampai ke lokasi tanpa waktu lama. Bila perlu, Anda bisa nego di awal harga barang-barang yang Anda butuhkan.

Biasanya toko bangunan memberikan potongan harga bila Anda mengambil barang dalam jumlah tertentu. Anda bisa mengecek daftar harganya pada Daftar Bahan Bangunan Penting Untuk Bangun Rumah.

 

Biaya Elemen Rumah

Jangan lupa untuk mengkalkulasi biaya elemen rumah seperti jendela, pintu, tangga, dinding, lantai, kaca dan sebagainya. Anda bisa mendiskusikan dengan kontraktor atau tukang berapa jumlah dan ukuran masing-masing elemen tersebut dan pilihlah yang sesuai dengan konsep rumah Anda.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan bahan pembuat setiap elemen rumah tersebut. Pilihlah yang berkualitas baik dan tahan lama sehingga meski Anda harus membayar harga lebih di awal, tetapi awet untuk jangka waktu lama.

 

Sumber : rumah.com

 

_______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.





Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah


0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html