Wednesday, November 18, 2020

Mezzanine: Ruangan Populer Untuk Tempat Tinggal Modern


***

Bicara tentang ide tata ruang yang sedang hype di Indonesia, Mezzanine merupakan salah satunya konsep populer yang banyak diadopsi. Mulai dari penyediaan properti hunian dari developer hingga ide ruang para pemukim yang hendak merenovasi huniannya.

Bukan merupakan konsep baru, Mezzanine telah lama diaplikasikan oleh berbagai arsitek dan desainer interior di seluruh dunia. Meskipun begitu, konsep ini disebut paling mencerminkan inspirasi ide tata ruang yang sangat cocok untuk tempat tinggal masyarakat modern.

Kira-kira seperti apa konsep mezzanine yang populer itu? Mari kita simak bersama !

Definisi Mezzanine

Ada banyak pendefinisian dari konsep area mezzanine dari berbagai arsitek dan desainer interior di seluruh dunia. Mezzanine sendiri diketahui berasal dari kata ‘mezzo‘ dari bahasa Italia yang berartikan ‘bagian tengah’.

Untuk konsep simplenya, mezzanine didefinisikan sebagai ruang atau area tambahan yang dibangun di antara lantai dan area plafon. Mezzanine merupakan area ekstensi dimana terletak seperti sebuah lantai tingkat yang dapat diakses dengan tangga.

Fungsi Mezzanine

Seperti pada pemahaman definisinya, area Mezzanine merupakan area fungsional yang efisien. Area tersebut diketahui dapat difungsikan untuk berbagai macam kegunaan. Jika melihat pengaplikasiannya di situs-situs ide dekorasi, mezzanine dapat difungsikan antara lain yakni;

-Gudang

-Area bekerja

-Perpustakaan

-Tempat ibadah

-Ruang tv

-Ruang meditasi

-Ruang santai

-Kamar tidur

Estetik & Artistik

Tidak hanya fungsional dan efisien, apa yang membuat mezzanine sangat diinginkan oleh generasi milenial modern adalah aspek estetika dan artistik yang hadir dari keberadaannya.

Untuk memaksimalkan aspek estetik dan artistik, Anda disarankan untuk memadukan area tersebut dengan sebuah tema tertentu. Berkenaan dengan hal ini, area mezzanine memiliki keunggulan dari kecocokannya dengan beragam tema ruangan. Anda bisa memilih tema-tema mulai dari minimalis, vintage, retro-vintage, bohemian, rustic, hingga tema shabby chic.

Pembangunan Mezzanine

Dalam pembangunan area mezzanine dalam ruang tengah, para arsitektur membuat patokan tinggi rumah harus memiliki jarak lantai ke plafon sekitar 4 meter. Tinggi ini bersifat mutlak dan ideal dikarenakan untuk memimalisasi kesesakan pada area mezzanine.

Keharusan lainnya yaitu area yang akan dibangun mezzanine merupakan area yang sifatnya terbuka seperti ruang tamu atau ruang keluarga. Alangkah baiknya terletak pada bagian dalam rumah.

Sebagai ruang ekstensi yang bersifat portabel, mezzanine dibangun dengan material praktis seperti beton, baja ringan, hingga material kayu. Dimana sama sekali tidak menggunakan proses pengecoran dengan semen.

Karena sifatnya yang portabel ini, mezzanine juga dapat dibongkar dengan mudah oleh Anda jika sewaktu-waktu Anda sudah tidak membutuhkannya lagi.

 

Sumber : lamudi.co.id

 _______________

Youtube :

youtube.com/perumahanislamiindonesia.

Instagram :

Instagram.com/perumahanislamiindonesia.

Facebook :

facebook.com/perumahanislamiindonesia.




Perumahan Islami Indonesia

Developer, Agensi dan Konsultan Property Syariah

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html